Sunday 9 July 2017

Terima Kasih Sudah Ke Pare


Setelah sepi selama seminggu menjelang dan sesudah lebaran, Pare ramai lagi. Jalanan kembali padat, pendatang yang mulai kursus sedikit demi sedikit berdatangan. Sebagai warga Pare hanya bisa menyampaikan selamat datang di Pare, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Namun sebagai seorang muslim juga ingin mengajak semua untuk bersama menjaga Pare, agar keberkahan senantiasa terlimpah.

Beberapa hal yang perlu dijaga di Pare di antaranya adalah ketertiban, keamanan, pergaulan dan akhlak. Sederhananya mari menstandarkan pada syariat Allah, aturan dari Pencipta dan Pengatur hidup di alam semesta. Tertiblah, jangan merusak suasana Pare dengan perilaku yang merusak. Taati aturan lingkungan, jaga hubungan dengan masyarakat sekitar, tidak sekadar belajar bahasa namun juga tetap menjaga tata karma. Jaga keamanan, jangan memancing hal-hal yang tidak diinginkan, lalai bermain HP sambil santai berjalan bisa mengundang penjambret. Taati jam malam yang telah ditetapkan, segera kembali ke tempat kos jika sudah tidak ada keperluan di luar. Tak begadang hingga larut malam, kongkow cangkrukan ngalor ngidul tanpa kepentingan syar’I, bagaimana pun Pare adalah kampung, bukan kota. Kami memang penduduk desa tapi insya Allah ora ndeso. Kami orang desa namun masih menginginkan semua di atur sesuai syariat Allah SWT, kami orang desa namun kami ingin menjadikan Rasulullah sebagai teladan. Pare memang terkenal sebagai kampung Inggris, namun kami tetap ingin suasana keislaman tetap terjaga, karena bagaimana pun juga kami adalah umat Islam.

Jangan membawa budaya primitif ke Pare. Budaya mengumbar aurat, berpakaian minim bak jaman pra sejarah. Jauhkan itu semua. Jangan membawa perilaku seperti hewan yang tak kenal sopan santun. Jangan membawa perilaku gaul bebas. Tetaplah taat syariat di mana pun kita berada. Mari tolong menolong dalam kebaikan, saling mengingatkan untuk terus menjaga ketakwaan.

Terima kasih sudah berkunjung ke Pare, dan terima kasih sudah ikut menjaga Pare. Jazakumullah khairan katsir, semoga Allah membalas kebaikan sudaraku semua dengan kebaikan yang lebih banyak lagi. Amiin.



Pare, 9 Juli 2017

No comments:

Post a Comment